Rabu, 23 Maret 2011

Agar Mata Sehat


Bekerja di depan komputer setiap hari akan membuat mata lelah. Belum lagi kegiatan menonton TV atau bermain game. Semua itu akan memberikan efek negatif pada mata.
Bukan tak mungkin, mata kita akan menjadi cepat rusak karena kebiasaan-kebiasaan di atas. Ketimbang mengobati, lebih baik mencegah mata dari kerusakan. Berikut ini beberapa saran dari dokter spesialis mata Dr. Bruce P. Rosenthal yang dikutip dari Fox Health:
1.       Gunakan cahaya ruangan yang sesuai. Cahaya ruangan sangat berpengaruh pada kesehatan mata. Berkegiatan di dalam ruangan yang terlalu gelap (atau terlalu terang) akan membuat mata Anda kesulitan beradaptasi sehingga mengalami gangguan penglihatan. Sesuaikan cahaya lampu pilihan Anda dengan kebutuhan.
2.       Gunakan cahaya alami. Cahaya alami ruangan bisa didapatkan dari cahaya matahari. Selain itu, ruangan juga bisa tampak terang dengan pilihan warna dinding yang terang, seperti putih atau warna-warna pastel.
3.       Lindungi mata. Lindungi mata Anda dari radiasi monitor komputer dan TV dengan menggunakan kacamata berlensa antiradiasi. Anda juga bisa mengunakan pelapis monitor pada komputer guna mengurangi radiasi yang masuk ke mata.
4.       Sesuaikan setelan komputer. Setelan komputer juga bisa mempengaruhi kesehatan mata. Aturlah tingkat kecerahan layar komputer dengan tepat. Jangan terlalu redup, jangan juga terlalu terang. Pilihlah ukuran huruf yang sesuai dengan kemampuan mata Anda. Ukuran huruf yang terlalu kecil atau terlalu besar hanya akan membuat mata Anda letih.
5.       Bersihkan layar TV dan komputer. Terkadang layar TV dan komputer yang kotor membuat kualitas gambarnya terganggu. Ketimbang mata Anda menjadi letih dibuatnya, jangan lupa untuk selalu membersihkan layar televisi/komputer sebelum memakainya.
6.       Ambil posisi yang tepat. Baik memakai komputer maupun TV, selalu sesuaikan jarak pandang Anda terhadap ukuran layarnya. Jangan sampai mata rusak karena jarak Anda terlalu dekat atau terlalu jauh.
7.       Makanlah makanan yang bervitamin A. Karena vitamin A sangat baik bagi kesehatan mata. Beberapa makanan yang bermanfaat bagi kesehatan mata diantaranya sebagai berikut:
a.       Alpukat
Waw, buah yang menjadi favorit calon saya ini ternyata merupakan salah satu dari makanan yang padat nutrisi. Karena itu, tidak heran kalau makanan satu ini baik untuk mata. Alpukat mengandung lebih banyak lutein dibandingkan dengan buah lainnya. Zat ini sangat penting untuk mencegah degenerasi macular dan katarak. Selain itu, buah ini juga merupakan sumber yang kaya akan nutrisi yang penting untuk mata seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.
b.       Wortel
“Hey, Doc”, kata itulah yang saya ucapkan saat saya kecil jika sedang memakan wortel dan saya ingat tiap saya melihat wortel. Pantas saja, salah satu tokoh kelinci di LooneyToon sangat mencintai makanan yang satu ini. Wortel sudah lama dikenal sebagai makanan yang baik untuk mata. Hal ini karena makanan ini kaya akan beta karoten. Beta karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Tentunya Anda sudah tahu kalau vitamin satu ini, berperan penting dalam proses bioelektrik di mata. Selain itu, juga bisa membantu tubuh melepaskan radikal bebas.
c.       Brokoli
Sayuran yang satu ini ternyata tak hanya harganya saja yang (menurut saya) “bagus”, tapi kualitasnya juga bagus. Karena terbukti bahwa brokoli kaya akan vitamin C, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane.
d.       Telur
Makanan yang satu ini identik dengan “kebodohan” menurut saya. Kenapa? Karena jika ada seorang anak mendapatkan nilai nol (nilai terrendah), pasti itu akan diidentikkan dengan telur. Padahal kan, telur kaya akan nutrisi mata seperti vitamin A, seng, lutein, lecithin, B12, vitamin D, dan cysteine. Dilihat dari segi manfaatnya, saya rasa anda yang mendapatkan ‘telur’ di kertas anda kini dapat berbangga diri, karena nilai anda ternyata tidak serendah yang anda kira.
e.       Bayam
Bayam merupakan sumber lain yang kaya vitamin A. Bayam juga mengandung nutrisi yang baik untuk mata seperti lutein dan zeaxathin.
f.        Kol
Sama seperti bayam, kol juga kaya akan vitamin A, lutein, dan zeaxathin.
g.       Tomat
Tomat kaya akan vitamin C dan lycopene, dua nutrisi yang sangat penting untuk mata.
h.       Biji bunga matahari
Biji bunga matahari mengandung selenium, nutrisi yang bisa mencegah katarak dan juga menjaga kesehatan mata secara umum. Tapi kebanyakan juga gak enak. Soalnya kenyang engga, jontor iya (lebih banyak sampahnya, daripada isinya).
i.         Bawang putih
Bawang putih mengandung selenium dan nutrisi yang baik untuk mata lainnya seperti vitamin C dan quercetin. Wah, saya rasa para draculla (bener gak nih, tulisannya?) harus ‘dicekokin’ bawang putih, biar sehat.
j.         Salmon
Salmon kaya akan omega-3 yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata secara umum serta baik untuk kecerdasan otak. Salmon juga mengandung asam folik, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin A.

*Sumber :  yahoo.com, google.com, dan pendapatpribadi.com(menurut saia sendiri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar