Selasa, 01 Desember 2009

Perbedaan Krisis Moneter dengan Krisis Keuangan

Nama : Amira Wulandari

Npm. : 36209005

Kelas : 1DD03

Jurusan : Managemen Keuangan

Dosen : Sugito Martodiwiryo

Mata Kuliah : Bahasa Indonesia

Menurut saya, krisis moneter dan krisis keuangan memiliki arti pengertian yang hampir sama. Yaitu ketidakseimbangan ekonomi suatu negara yang mengakibatkan merosotnya nilai mata uang. Dampaknya meliputi, banyaknya pegawai yang dikeluarkan dari pekerjaannya (PHK), banyaknya barang yang tidak laku karena harga barang yang mahal yang disebabkan oleh depresiasi dan inflasi.

Walaupun krisis moneter dan krisis keuangan memiliki inti pengertian yang hamper sama, namun diantara keduanya memiliki perbedaan. Krisis moneter adalah anjloknya perekonomian suatu Negara yang disebabkan oleh hancurnya system pemerintahan yang berdampak besar bagi Negara. Banyak anak-anak yang putus sekolah, kenaikan barang dan jasa yang melonjak dengan pesat, melonjaknya nilai mata uang, semua itu mengakibatkan timbulnya kemiskinan dan kelaparan. Bias dibilang krisis moneter memberikan dampak yang menyeluruh bagi seluruh Negara. Sedangkan, kisis keuangan hamper sama dampaknya seperti krisis moneter, namun, hanya memberikan dampak negatif pada perekonomian Negara saja.

Jadi, perbedaan krisis ekonomi dengan krisis keuangan ialah terdapat pada segi regional. Krisis ekonomi memberikan dampak negatif pada sistem pemerintahan, juga system perekonomian. Sedangkan, krisis keuangan hanya memberikan dampak negatif pada sistem perekonomian.

Sekian agrumen yang dapat saya berikan. Kurang lebihnya saya memohon maaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar