Jumat, 25 Desember 2009

Facebook menurut saya

Kini banyak sekali media silaturahim secara mudah, tanpa harus berjumpa secara langsung dengan orang yang ingin dijumpai. Seperti Frendster, twiter, dan yang akan penulis bahas sekarang ini, yaitu facebook. Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg,awalnya hanya untuk linkungan sendiri dimana digunakan untuk komunikasi antar mahasiswa lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya.
Tetapi karena para mahasiswa tersebut mempunyai teman lain dan mengajak teman teman nya juga bergabung sehingga anggotanya hampir seluruh mahasiswa sedunia
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook.Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
Yup, itulah sekilas tantang sejarang facebook. Seperti yang tertera diatas, facebook adalah ajang untuk bersilaturahim antarmanusia, dan saling bertukar informasi. Adapula yang menggunakannya untuk berbisnis. Biasanya pebisnis itu menggunakan keluasan jaringan facebook untuk mendapatkan banyak costumers, dengan permulaan sebagai teman facebook. Mereka akan mempromosikan baraang/jasa yang mereka jual kapada teman maya mereka, dengan mengedarkan foto barang/jasa yang mereka jual. Adapula yang menjadikannya ajang pencari jodoh. Terkadang mereka yang tidak percayadiri akan menampilkan fotonya dengan gambar animasi/artis. Adapula yang menjadikannya sebagai ajang mencari relasi. Banyak sekali kegunaan positif dari facebook.
Disamping itu, facebookpun akan menjadi negatif jika disalah gunakan. Ada beberapa efek yang buruk yang tanpa sadar sudah menjadi penyakit beberapa para facebookers. Mereka diantaranya ada yng menjadi malas bekerja/belajar karena kecanduan facebook. Rasanya tak bisa sehari saja tanpa itu. Sehingga terkadang tugas terpentingpun tertinggal. ada pula beberapa pasangan yang akhirnya berpisah dikarenakan salah satu diantara mereka telah memiliki ‘teman spesial’ lain di dunia maya tersebut. Atau mungkin mengikuti kuis-kuis yang ada hubungannya dengan ramalan (padahal jelas diagama saya itu diharamkan). Yap, intinya segala sesuatu yang walaupun tadinya dibuat untuk hal positif, akan menjadi negatif jika dikonsumsi secara berlebihan. Karena, akan menimbulkan efek yang buruk, yang sulit dihilangkan, yaitu MALAS.
Sungguh sayang jika media yang awalnya dibuat untuk yang yang positif, malah menjadi negative hanya karena usernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar