Senin, 06 Juni 2011

Khasiat Mangga Bagi Kulit

TRIBUNNEWS.COM - Banyak yang tak menyadari bila beberapa jenis buah justru sarat manfaat bagi kesehatan. Mangga, misalnya. Tak hanya berkhasiat menyegarkan tubuh, namun juga kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang baik untuk kulit."Mangga kaya akan beta-karotena (vitamin A), yang merupakan antioksidan yang sangat baik. Selain untuk peremajaan kulit, vitamin A juga dapat mengatasi jerawat," kata Dr. Apratim Goel, ahli dermatologi dari India, belum lama ini.
Mangga juga mengandung serat yang tinggi, tapi rendah kalori dan sodium. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, potasium, kalsium dan zat besi. Senyawa phenolic dan beberapa enzim dalam mangga juga berguna sebagai obat antikanker.
"Phenol dan enzim dalam mangga berguna untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, mengontrol diabetes dan meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin B3 dan B-kompleks memperkuat rambut. Enzim magniferin, mempercantik kulit dan berfungsi untuk melawan kanker," kata dermatolog Satish Bhatia.
Menurut Goel, mengonsumsi mangga secara teratur membuat kulit semakin lembut dan lebih berseri. "Mangga efektif dalam mengurangi penyumbatan pori-pori. Memiliki anti oksidan yang tinggi dan rendah karbohidrat. Buah ini mengandung banyak triptofan, yang membantu pembentukan serotonin yang memproduksi hormon pemacu kebahagiaan."
Mangga mengandung zat besi. Wanita hamil dan penderita anemia dianjurkan untuk mengonsumsi mangga. "Selain daging buahnya, kulit mangga juga kaya akan AHA (alpha hydroxyl acid) dan bisa digunakan untuk meremajakan kulit," tutup Goel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar