Jumat, 12 November 2010

Tugas 3 Softskill

Amira Wulandari
36209005
2dd04
Dosen : Joko Utomo
Untuk tugas Kewirausahaan 2#

Soal 1 : Dari usaha yang akan anda dirikan, identifikasilah kebutuhan SDM bagi usaha anda! meliputi : keahliannya, pendidikannya serta pengalaman kerjanya. Jelaskan pula metode recruitmen yang anda gunakan?

Dari usaha saya yang ingin saya jalani, yaitu usaha di bidang kuliner, tentunya saya sangat membutuhkan SDM yang bermutu, dalam bidang ini. SDM yang saya butuhkan, adalah SDM yang ahli dalam hal memasak, mau bekerja keras, mempunyai etos kerja yang tinggi, mengerti diiringi mau mengikuti syariat islam.
            Untuk masalah pendidikan yang dibutuhkan untuk menjadi karyawan saya minimal SMP. Pengalaman kerja tidak begitu saya permasalahkan, asalkan skill yang karyawan saya miliki cukup baik, jadi saya hanya tinggal mengadakan pelatihan bagi para pekerja saya, agar menjadi karyawan yang ahli dalam bidangnya.

Metode Recuitment :

ebelum mengadakan recruitment,  saya akan melakukan analisis kerja :
  1. Analisis tenaga kerja     : dilihat dari seberapa banyak SDM yang dibutuhkan untuk mengelola peternakan dan mengelola rumah makan.
  2. Analisi beban kerja        : dilihat dari seberapa berat beban kerja yang ditanggung masing masing pekerja
Metode recruitmen adalah salah satu metode yang digunakan untuk mencari atau menemukan sumber daya manusia yang berkualitas dan yang memiliki keahlian yang sama dengan jenis usaha yang akan dibuat. Metode recruitmen memiliki beberapa tahap yang harus dilakukan agar mendapatkan sumber daya manusia yang sesuai dengan keinginan.  Yang pertama dilakukan dalam metode penarikan (recuitmen ) karyawan  meliputi :
  • rekomendasi dari karyawan yang sedang bekerja 
  • leasing ( penggunaan kerja honorer ) 
Ada beberapa batasan-batasan yang menjadi filter untuk menjadi karyawan saya, seperti:
  • Batas usia         : Min 15 tahun, max 60 tahun
  • Min. pendidikan            : SMP
  • Pengalaman Kerja yang telah dimiliki
  • Bidang keahlian yang dimiliki 
  • Memiliki etos kerja yang baik
  • Mau untuk selalu menaati syariat islam (terutama pada saat proses pemotongan, dan memasak, agar masakannya halal)

Proses seleksi :
Pendaftaran (pendaftaran dibuka secara umum. Maksudnya, semua kalangan boleh ikut dalam proses ini, asalkan memenuhi kriteria diatas)
® Administrasi ® Wawancara (pada tahap ini, kita dapat mengetahui karakter calon karyawan)

Posedur seleksi yang akan digunakan :
  1. Wawancara pendahuluan (perkenalan dan wawancara ringan, untuk mengetahui karakter calon karyawan)
  2. Pengumpulan data - data pribadi (untuk mulai menyaring yang mana saja yang akan dimasukkan ke tahap selanjutnya)
  3. Pengujian ( testing), untuk mengetahui mengenai keahlian dan attitude calon karyawan berkenaan tentang layak atau tidaknya dia bekerja di rumah makan saya.
  4. wawancara lebih mendalam, jika calon SDM usaha saya telah memasuki tahap ini, berarti dia hampir layak bekerja dalam usaha saya.
  5. setelah itu, inilah saatnya saya memutuskan layak/tidaknya calon SDM bekerja menjadi karyawan saya, serta meletakkan SDM saya di ‘posisi’ yang saya rasa tepat untuk dia.
Prosedur seleksi digunakan karena dalam prosedur seleksi terdapat faktor - faktor yang akan mempengaruhi pekerjaan para karyawan misalnya :
A. latarbelakang pribadi , mencakup pendidikan dan pengalaman kerja yang menunjukkkan apa yang telah dilakukan di waktu yang lalu
B. bakat & minat : untuk memperkirakan minat dan kemampuan seseorang dalam bidang pekerjaan.
C. kesehatan, tenaga, dan stamina untuk menunjukkkan kemampuan phisik seseorang dalam pelaksanaan pekerjaan.

 SDM yang telah masuk seleksipun, akan saya berikan pengembangan seperti yang telah saya beritahukan diatas. Ada tiga macam pengembangan yang akan saya berikan, yaitu:
  1. dilakukan magang terdahulu dan langsung bekerja,
  2. dilakukan brefing terlebih dahulu (penjelasan  mengenai bidang pekerjaan yang telah ditentukan, tetapi praktek kerjanya belakangan),
  3. serta berikan pelatihan.
  4.  
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar