Minggu, 07 November 2010

ENTERPRENEUR SEORANG MENEJER ATAU SEORANG PEMIMPIN ?

Nama    : Amira Wulandari

NPM     : 36209005


Kelas     : 2DD04


TULISAN KEWIRAUSAHAAN 2


Wirausaha atau enterpreneur adalah seseorang yang selalu mencari peluang-peluang baru dan mewujudkan peluang-peluang itu menjadi usaha yang bermanfaat bagi masyarakat dan dirinya.
Seorang Enterpreneur harus mempunyai rasa tanggung jawab terhadap apa yang dilakukan.  Mulai dari merencanakan suatu usaha yang akan dilakukan, menjalankan atau melaksanakan rencana terebut, memproduksi, memasarkannya, mengambil suatu keputusan, hingga mengawasi usaha tersebut.
Dilihat dari organisasi seorang wirausaha atau enterpreneur harus mampu bekerja sama dengan yang lain, jika dilihat dari segi psikologis seorang enterpreneur harus mempunyai jiwa pantang menyerah dan tidak mudah putus asa. masalah sebesar apapun seorang enterpreneur harus bisa mengatasinya.
Jadi enterpreneur seorang menejer atau seorang pemimpin?
Sebelum mengetahui hal tersebut, mari kira ketahui tugas pokok seorang manajer dan pemimpin.
Tugas pokok seperti berikut :
  1. mempersiapkan rencana atau strategi umum bagi perusahaan
  2. melaksanakan rencana tersebut
  3. mengadakan evaluasi, menganalisa dan mengawasi rencana tersebut dalam opersainya
  4. mengambil keputusan
Tugas pokok seorang pemimpin:
  1. mengalisa : sangat penting agar rencana yang dibuat dapat berjalan lebih matang dan tepat
  2. membuat rencana : rencana usaha apa yang akan dijalankan
  3. melaksanakan atau memproduksi usaha tersebut  yang telah direncanakan
  4. memasarkan  : memperkenalkan produk ke pasar-pasar yang dituju melalui promosi, dsb.
  5. mengawasi        :  mengawasi mulai dari memproduksi sampai memasarkan produk atau usaha tersebut agar tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan.
  6. mengambil keputusan : seorang pemimpin tidak boleh ragu dalam mengambil keputusan. Keputuan yang diambil merupakan solusi dari masalah yang sedang dihadapi.
  7. bertanggung jawab terhadap bawahannya : seorang pemimpin harus  memberikan contoh yang baik kepada bawahannya.
Dilihat dari 2 hal diatas dapat diketahui bahwa seorang wirausahawan pastilah melaksanakan hal-hal tersebut. Seorang wirausahawan haruslah dapat memimpin dan menjadi pemimpin yang baik bagi para pekerjanya. Seorang wirausahawan pun harus dapat menjalani fungsi-fungsi dasar manajemen POAC (planning, organising, actuating, controling), agar perusahanya berjalan dengan teratur.
Sikap yang dimiliki oleh seorang enterpreneur yaitu motivasi berprestasi, kemandirian, kreativitas, pengambilan resiko, keuletan, orientasi masa depan, komunikatif dan reflektik, dan mempunyai jiwa kepemimpinan.
Jadi menurut saya, enterpreneur adalah seorang pemimpin, yang dapat dan juga harus menjalani fungsi-fungsi manager. Karena seorang wirausahawan adalah seorang yang menjalani usahanya sendiri, yang harus dapat memanage kegiatan usahanya, agar berjalan sesuai dengan rencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar