Senin, 22 Februari 2010

PENYESALAN

     Penyesalan adalah suatu perasaan dimana seseorang merasa bersalah/melakukan kesalahan akan sesuatu dan ingin kembali ke masa saat ia melakukan kesalahan tersebut, dan memperbaikinya pada masa yang telah lalu tersebut. Itulah definisi penyesalan menurut saya. Menyesal adalah suatu perasaan yang benar-benar tidak nyaman dirasakan. Namun, setiap orang pasti pernah merasakan penyesalan.
     Menurut saya, penyesalan adalah perasaan yang harus kita rasakan dalam hidup kita. Mengapa? Karena dengan menyesal (bagi yang berfikir), seseorang akan berusaha menjadi lebih baik lagi, dan meminimalisasi kesalahan dalam hidupnya. Belajar dari kesalahan. Itulah yang akan seseorang perbuat, setelah ia menyesal.Rasa menyesal, adalah rasa yang wajib kita rasakan. Bukan berarti kita harus melakukan kesalahan dalam hidup kita agar menjadi lebih baik, loh. Bukan gitu.
      Biasanya, dengan menyesal (walaupun katanya menyesal belakangan tak ada guna. Padahal, tergantung orangnya juga. Kalau ia menyesal, lalu, wuzzzzh, lewat gitu aja kaya angin, itu baru tak ada guna. Namun, jika dengan menyesal, ada perubahan positif dalam dirinya, itu menurut saya hal yang bagus.
     Tapi menyesal juga jangan berlarut-larut. Istilahnya, 'jangan lebay, please'. Jangan jadikan kesalahan itu beban yang sulit, tapi jadikan itu tantangan serta uji kesabaran agar diri kita menjadi lebih baik lagi.) sesorang akan berfikir, lalu melakukan perenungan (nangis-nangis dikit, wajar laaaah...), kemudian timbullah tekad untuk menjadi lebih baik lagi. Insya'Allah, jika tekad (jangan hanya tekad! Usahanya juga, dong..) itu tidak padam oleh 'godaan', orang tersebut akan bisa mendapatkan kebaikan yang haqiqi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar